Alat pelindung diri digital: uvex techware

Pengintegrasian fungsi digital ke alat pelindung diri (APD) membuka peluang baru untuk melindungi banyak orang. Dengan uvex techware, area yang rentan dari ujung kepala hingga ujung kaki dapat dilengkapi sensor dan aktuator. Dengan saling menghubungkan APD, fungsi meta yang bereaksi serta berinteraksi dan berkomunikasi dengan pengguna dapat dicapai, tergantung pada situasi.

Mega tren transformasi digital kini juga menawarkan konsep produk yang benar-benar baru di bidang alat pelindung diri; konsep ini dapat digunakan agar berhasil menghadapi tingkat perubahan yang luas di sektor industri. "Teknologi digital baru mendukung fungsi keamanan yang ada untuk disempurnakan dengan cara yang sebelumnya tidak memungkinkan serta pendekatan unik untuk memastikan perlindungan banyak orang dan kenyamanan fisik", ujar Stefan Brück, CEO uvex safety group. "Oleh karena itu, uvex safety group membentuk divisi "Inovasi Bisnis Digital" untuk pengembangan sistem produk digital uvex techware. Bersama mitra teknologi yang sangat ahli dan klien penting, prototipe dan aplikasi produk pertama telah dikembangkan, yang menawarkan pendekatan untuk solusi yang disesuaikan berdasarkan contoh kasus nyata.

"Produk dalam rentang sistem uvex techware menunjukkan langkah maju pertama dengan solusi perangkat keras dan perangkat lunak dengan prototipe nyata". "Kami sangat yakin bahwa penggunaan strategi ini akan memungkinkan kami memenuhi persyaratan baru lingkungan kerja mendatang", ungkap Stefan Brück. "Visi kami mengharuskan konsep produk ini saling terhubung sepenuhnya dan mengintegrasikan konsep tersebut ke dalam sistem manajemen keamanan APD. Rencananya adalah mengembangkan solusi ini dalam kolaborasi erat dengan pelanggan untuk memastikan solusi tersebut dapat diintegrasikan ke dalam lanskap sistem mereka".

Konsep produk yang ditampilkan pada pameran dagang A+A 2017:

Helm pintar – uvex pheos techware
Dalam banyak situasi keselamatan kerja, kepala terutama harus dilindungi. Fungsi keamanan pasif dari Helm Pintar ditingkatkan secara signifikan melalui penggunaan sensor meta yang digunakan untuk mengevaluasi situasi. Dengan menggunakan teknologi ini, dapat dipastikan bahwa APD dikenakan dan sensor akselerasi terintegrasi dapat mendeteksi tabrakan, benda jatuh, dan kejadian diam tak terduga. Sensor lainnya seperti untuk suhu, kelembapan, dan kecerahan sekitar memungkinkan fungsi tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan serta persyaratan khusus masing-masing area aplikasi.

Smart Glasses – uvex i-works techware
Kacamata pengaman merupakan platform ideal untuk memvisualisasikan informasi. Saat mengembangkan produk ini, fokus khusus tertuju pada integrasi ke dalam konsep pelindung mata yang telah dicoba dan diuji. Teknologi yang digunakan memungkinkan kacamata dikenakan dalam kondisi kerja nyata seperti kecerahan sekitar yang tinggi dan kondisi lingkungan yang sulit. Seperti dengan head-up display di mobil, informasi diproyeksikan ke bagian dalam kacamata pengaman dan karenanya tidak tergantung pada kondisi eksternal. Tampilan selalu memberi pengguna akses ke data sensor dan nilai pengukuran sensor eksternal. Konsep yang digunakan akan dioptimalkan untuk konsumsi energi rendah dan desain ringan.

Smart Gesture Control – uvex suXXeed techware
Tergantung pada lingkungan kerja, interaksi antara manusia dan mesin adalah tantangan besar dalam konteks keselamatan kerja digital. Untuk mengoperasikan perangkat akhir bergerak dengan tombol dan layar kecil, pelindung tangan sering kali harus dilepas. Modul Smart Gesture Control dapat diintegrasikan di berbagai titik pada APD dan tidak memerlukan kontak pengguna sebagai hasil dari teknologi deteksi gerakan 3D yang digunakan. Modul ini memungkinkan pengguna mengontrol fungsi Smart Glasses, misalnya, atau mesin dan fungsinya masing-masing. Sembilan LED digunakan untuk keperluan tanggapan keselamatan dan interaksi.

E-Glove – uvex phynomic techware
Tangan seseorang merupakan alat yang paling berharga dan harus dilindungi dari efek mekanis, luka potong, serta bahan kimia berbahaya. Meskipun demikian, kebijaksanaan dan penanganan alat tidak boleh terganggu. Mengintegrasikan chip NFC ke dalam sarung tangan memungkinkan pengguna mengakses informasi apa pun setiap saat melalui perangkat akhir bergerak, seperti yang terkait dengan penggunaan yang dimaksudkan dan daya tahan produk. Sarung tangan pengaman dapat disesuaikan, akses ke mesin atau infrastruktur dapat diatur, dan tersedia peluang yang benar-benar baru terkait manajemen rantai pasokan APD.

Smart Insole – uvex 1 techware
Sepatu pengaman mewakili persilangan antara seseorang dan lingkungan langsungnya saat menjalankan aktivitas tanpa duduk. Dengan pertimbangan ini, berbagai skenario biomekanis dan situasi lainnya dapat ditentukan. Banyak kecelakaan kerja terjadi akibat tergelincir dan kehilangan kendali untuk sementara. Situasi ini dapat terdeteksi dan dievaluasi, serta menggunakan peringatan yang ditargetkan, kecelakaan lebih lanjut di area berbahaya yang diketahui dapat dihindari. Selain itu, penggunaan sensor meta memungkinkan sifat sepatu terkait keselamatan ditentukan selain informasi gerakan untuk secara aktif mengidentifikasi kemungkinan kerusakan dan hilangnya fitur keselamatan.

Active Lighting Vest – uvex
Dalam situasi berbahaya, petugas darurat atau orang yang terlibat dalam kecelakaan harus mengenakan rompi visibilitas tinggi yang menggunakan warna peringatan dan reflektor retro agar mereka dapat terlihat di masing-masing kondisi pencahayaan. Namun di area dengan pencahayaan buruk, rompi visibilitas tinggi pasif sulit dilihat. Untuk meningkatkan keamanan dalam situasi tersebut, Active Lighting Vest disempurnakan agar dapat menyertakan sumber cahaya berdenyut aktif yang mudah terlihat, bahkan di lingkungan gelap, sehingga memastikan keselamatan yang ditingkatkan. Mengintegrasikan rompi ke dalam konsep keselamatan yang saling terkait memungkinkan penggunaan fungsi tambahan yang jauh melebihi rompi visibilitas tinggi.

Dr. Markus Burghart memperkenalkan uvex techware pada A+A 2017

uvex group

uvex group menyatukan tiga perusahaan yang aktif secara global di bawah satu atap: uvex safety group, uvex sports group (dengan uvex sports dan Alpina Sports), dan Filtral Group (Filtral dan Primetta). uvex group hadir di 22 negara dengan 48 anak perusahaan, namun memilih untuk melakukan sebagian besar produksinya di Jerman. Dua pertiga dari 2.600 tenaga kerja perusahaan (seperti pada tahun fiskal 2016/2017) dipekerjakan di Jerman. uvex adalah mitra global untuk olahraga elit internasional dan menyediakan perlengkapan bagi banyak atlet papan atas. Moto melindungi banyak orang menjadi inti dari aktivitas perusahaan. uvex mengembangkan, memproduksi, serta mendistribusikan produk dan layanan untuk keselamatan dan perlindungan banyak orang saat bekerja, berolahraga, dan di waktu luang.

Ada pertanyaan? Kontak media:

Trygve Olsen
uvex Safety Group

Telepon: +47 911 92 615

Sales Manager Norway

Bagikan Cetak