Makna kelas perlindungan FFP

Aerosol dan partikel halus adalah dua risiko kesehatan yang paling berbahaya di lingkungan kerja dan hampir tidak terlihat di udara yang dihirup. Penutup wajah penyaringan menawarkan perlindungan dalam tiga kelas terhadap bahaya ini: FFP1, FFP2, dan FFP3.

Pentingnya perlindungan pernapasan

Partikel berbahaya dapat menyebabkan kanker atau mungkin radioaktif; partikel lainnya mengganggu sistem pernapasan. Paparan selama puluhan tahun dapat mengakibatkan berkembangnya kondisi serius. Perkiraan terbaiknya, semua pekerja menghadapi bau yang menjengkelkan. Penutup wajah penyaringan menawarkan perlindungan dalam tiga kelas terhadap aerosol cair berminyak, asap, dan partikel halus selama bekerja. Fungsi pelindungnya sesuai dengan norma UE EN 149. Jenis penutup wajah ini dikenal juga sebagai masker separuh penyaringan partikel atau masker partikel halus dan dibagi menjadi kelas perlindungan FFP1, FFP2, dan FFP3.

Bagaimana cara kerja masker pernapasan?

Penutup wajah penyaringan melindungi dari debu, asap, dan kabut berair (aerosol) yang dapat terhirup, namun tidak menawarkan perlindungan dari uap dan gas. Sistem klasifikasi terdiri atas tiga kelas FFP, kepanjangan dari FFP adalah "penutup wajah penyaringan". Masker pernapasan menutupi mulut dan hidung dan dibentuk dari berbagai bahan penyaring dan masker itu sendiri. Penggunaan masker ini wajib di lingkungan kerja yang melampaui nilai batas paparan kerja (OEL). Ini adalah konsentrasi maksimal debu, asap, dan/atau aerosol di udara yang kita hirup dan tidak akan membahayakan kesehatan. Jika terlampaui, masker pernapasan harus dikenakan.

Melindungi terhadap apakah masker pernapasan?

Tergantung pada kebocoran total dan penyaringan partikel hingga ukuran 0,6 μm, masker pernapasan yang berkisar dari FFP1, FFP2, hingga FFP3 menawarkan perlindungan pernapasan untuk berbagai konsentrasi polutan. Kebocoran total terjadi berdasarkan penetrasi penyaring serta kebocoran di area mulut dan hidung. Masker respirator uvex bertujuan menghindarinya melalui penyesuaian masker dengan anatomi manusia. Berkat teknologi penyaring inovatif, resistansi pernapasan dapat diminimalkan dan pernapasan tidak diperparah partikel yang tertangkap dalam penyaring setelah beberapa kali dikenakan.

FFP1
  • perlindungan dari jenis debu tidak beracun dan nonfibrogenik
  • penghirupan dapat mengakibatkan pengembangan kondisi kesehatan; dan juga dapat mengganggu sistem pernapasan dan menimbulkan bau tidak sedap
  • kebocoran total dapat mencapai jumlah maksimum 25%
  • jenis masker ini dapat diterapkan dalam pelampauan OEL maksimum empat kali lipat

Masker respirator kelas perlindungan FFP1 dibuat untuk lingkungan kerja yang diperkirakan tidak ada jenis debu dan aerosol beracun atau fibrogenik. Masker ini menyaring minimum 80% partikel dengan ukuran hingga 0,6 μm dan dapat dikenakan selama ukuran pelampauan konsentrasi di tempat kerja maksimum tidak lebih dari empat kali lipat nilainya. Industri bangunan atau makanan menggunakan masker respirator FFP1 dalam banyak kasus. 

Masker FFP1 uvex
Masker FFP1 dalam sistem pakar pernapasan uvex

FFP2
  • perlindungan dari jenis debu, asap, dan aerosol padat dan cair yang merusak
  • partikel mungkin fibrogenik, artinya mengganggu sistem pernapasan dalam jangka pendek dan dapat mengakibatkan penurunan elastisitas jaringan paru-paru dalam jangka panjang
  • kebocoran total dapat mencapai jumlah maksimum 11%
  • Pelampauan OEL hingga nilai sepuluh kali lipat

Masker respirator kelas perlindungan FFP2 dibuat untuk lingkungan kerja tempat partikel merugikan dan mutagenik dapat ditemukan pada udara yang dihirup. Masker respirator kelas ini harus mengandung minimum 94% partikel dengan ukuran hingga 0,6 μm dan dapat digunakan di lingkungan yang melampaui konsentrasi OEL hingga maksimum sepuluh kali lipat. Hal yang sama berlaku untuk nilai TRK (konsentrasi referensi teknis). Masker respirator kelas perlindungan FFP2 sering kali dikenakan di industri logam dan pertambangan. Pekerja di industri ini sering kali bersinggungan dengan aerosol, kabut, dan asap yang mengakibatkan kondisi sistem pernapasan seperti kanker paru-paru dalam jangka panjang. Selain itu, mereka menyimpan risiko besar penyakit sekunder dan tuberkulosis paru-paru aktif. Sistem penyaring uvex kami dengan lapisan karbon melindungi pengguna dari bau tidak sedap dan perlindungan pernapasan yang diperlukan.

Masker FFP2 uvex
Masker FFP2 dalam sistem pakar pernapasan uvex

FFP3
  • perlindungan dari jenis debu, asap, dan aerosol yang beracun dan merusak
  • zat atau patogen onkogenik dan radioaktif seperti virus, bakteri, dan spora jamur disaring oleh masker respirator dalam kelas perlindungan ini
  • kebocoran total dapat mencapai jumlah maksimum 5%
  • Pelampauan OEL hingga nilai tiga puluh kali lipat

Masker respirator kelas perlindungan FFP3 menawarkan perlindungan maksimal dari polusi udara yang dihirup. Kebocoran total mungkin mencapai jumlah maksimum 5% dan masker ini harus menyaring 99% dari semua partikel dengan ukuran hingga 0,6 μm. Jenis masker ini juga menyaring partikel beracun, onkogenik, dan radioaktif. Masker kelas perlindungan FFP3 digunakan di lingkungan kerja yang melampaui OEL tiga puluh kali lipat dari nilai khusus industri. Masker ini sering kali digunakan di industri kimia.

Masker FFP3 uvex
Masker FFP3 dalam sistem pakar pernapasan uvex

Ketahui lebih lanjut tentang pelindung pernapasan dan produk uvex dalam sistem pakar pernapasan uvex

Baca semua postingan blog pakar uvex yang ditandai dengan pelindung pernapasan.

Apakah yang sebenarnya dinyatakan DIN EN 149 tentang pelindung pernapasan? Ketahui pada halaman info standar keamanan kami. 

Bagikan Cetak
uvex
SAFETY